Pesantren Akhlak Mulia


Contributor: Nur Rohmawati Hasanah, S.Si

Kegiatan SALAM atau Pesantren Akhlak Mulia yang rutin dilaksanakan oleh SD Islam Al Azhar 11 Surabaya dan diikuti oleh seluruh murid kelas 6 untuk tahun ini telah terlaksana dengan lancar dan menyenangkan. Tahun ini diikuti sebanyak 66 murid dan 6 guru pendamping, berlokasi di Duyung Hills Trawas Mojokerto jawa Timur. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun bertujuan untuk peningkatan pelaksanaan ibadah, penanaman adab, menumbuhkan kerjasama, kemandirian, tanggung jawab, kreatifitas, dan solidaritas antar sesama.

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا لَا تُحِلُّوۡا شَعَآٮِٕرَ اللّٰهِ وَلَا الشَّهۡرَ الۡحَـرَامَ وَلَا الۡهَدۡىَ وَلَا الۡقَلَٓاٮِٕدَ وَلَاۤ آٰمِّيۡنَ الۡبَيۡتَ الۡحَـرَامَ يَبۡـتَغُوۡنَ فَضۡلًا مِّنۡ رَّبِّهِمۡ وَرِضۡوَانًا ‌ؕ وَاِذَا حَلَلۡتُمۡ فَاصۡطَادُوۡا‌ ؕ وَلَا يَجۡرِمَنَّكُمۡ شَنَاٰنُ قَوۡمٍ اَنۡ صَدُّوۡكُمۡ عَنِ الۡمَسۡجِدِ الۡحَـرَامِ اَنۡ تَعۡتَدُوۡا‌ ۘ وَتَعَاوَنُوۡا عَلَى الۡبِرِّ وَالتَّقۡوٰى‌ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوۡا عَلَى الۡاِثۡمِ وَالۡعُدۡوَانِ‌ ۖ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ شَدِيۡدُ الۡعِقَابِ

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu melanggar syiar-syiar kesucian Allah, dan jangan (melanggar kehormatan) bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) hadyu (hewan-hewan kurban) dan qala’id (hewan-hewan kurban yang diberi tanda), dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitulharam; mereka mencari karunia dan keridhaan Tuhannya. Tetapi apabila kamu telah menyelesaikan ihram, maka bolehlah kamu berburu. Jangan sampai kebencian(mu) kepada suatu kaum karena mereka menghalang-halangimu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat melampaui batas (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya. (Q.S. Al Maidah: 2)

Dalam surat Al maidah ayat 2 telah diterangkan bahwa kita denngan sesama disarankan untuk hidup tolong-menolong dan membantu dalam kebaikan. Islam sangat menganjurkan perbuatan gotong royong (tolong menolong) dalam kebaikan dan melarang keras tolong menolong dalam melakukan kejahatan.

Kegiatan yang dirangkai dengan sangat apik ini meliputi kegiatan-kegiatan yang sangat menyenangkan. Yuk, kita Simak perjalanan kakak-kakak kelas 6 selama kegiatan SALAM!

Hari Kamis, 15 Februari 2024 murid berkumpul di sekolah pukul 06.15 dilanjutkan dengan testimony dan morning prayer yang sudah menjadi pembiasaan di sekolah. Testimony bertujuan untuk menguatkan Aqidah dan ketauhidan murid dengan bersaksi “Tiada tuhan selain Allah dan bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah”.  Sesuai firman Allah dalam surat Al Qasas ayat 88:


وَلَا تَدْعُ مَعَ اللّٰهِ اِلٰهًا اٰخَرَۘ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۗ كُلُّ شَيْءٍ هَالِكٌ اِلَّا وَجْهَهٗ ۗ لَهُ الْحُكْمُ وَاِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ

Artinya: “Jangan (pula) engkau sembah Tuhan yang lain (selain Allah). Tidak ada tuhan selain Dia. Segala sesuatu pasti binasa, kecuali zat-Nya. Segala putusan menjadi wewenang-Nya dan hanya kepada-Nya kamu dikembalikan.”
           Itulah sebabnya SDI Al Azhar 11 menerapkan pembiasan testimony setiap hari agar ketauhidan murid terjaga hingga akhir hayat. Setelah testimony, dilanjutkan melakukan perjalanan menuju lokasi.

Alhamdulillah perjalanan menuju lokasi diberikan kelancaran dan selamat sampai tujuan. Sesampai disana murid beristirahat sejenak, pembukaan, dan pengenalan.

Kegiatan selanjutnya adalah “Etika Komunikasi”, “Pembekalan Akil Baliq”, dan “Emotional and Religious Quotion”. Etika komunikasi bertujuan untuk melatih cara berkomunikasi yang baik, menghargai orang yang sedang berbicara, dan menumbuhkan kemampuan berpendapat. Pembekalan Akil Baligh bertujuan untuk memberikan informasi berkaitan dengan ciri-ciri akil dan baligh, cara bersuci, dan cara bergaul dengan teman. Emotional and Religious Quotion merupakan kecerdasan emosi yang meliputi kemampuan mengatur dan memahami emosi sendiri dan orang lain. Terdiri dari lima unsur yaitu memahami, mengelola, memotivasi diri, memahami orang lain, dan kemampuan sosial. Kecerdasan emosi dapat ditingkatkan dan berpengaruh positif terhadap kualitas hidup. Di dalam kegiatan SALAM tidak terlupa pula kegiatan spiritual yang dilakukan dengan rasa tanggung jawab yang besar yaitu sholat 5 waktu berjamaah, sholat sunnah (tahajjud, hajat, witir), dan tadarrus bersama.

               Dalam Al Quran, Allah SWT berfirman: Allah SWT meninggikan derajat orang-orang yang mencari ilmu karena ridha-Nya.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Untuk ketrampilan motorik, di kegiatan SALAM tersebut juga terdapat kegiatan outbound, jelajah waterfall, dan berenang. Kegiatan ini melibatkan kekuatan fisik dan pergerakan semua otot yang dapat membantu tumbuh kembang anak. Kegiatan outbound di alam terbuka dapat meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun berpendapat, membentuk pola pikir yang kreatif, meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi serta senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas segala ciptaan-Nya.

Setelah seluruh rangkaian acara selesai, seluruh murid packing untuk persiapan perjalanan pulang, Sebelumnya ada acara penutupan termasuk refleksi untuk kegiatan yang sudah berlangsung. Salah satu murid menyampaikan, “Aku sangat senang sekali dengan kegiatan SALAM ini, seru banget. Ibadahnya dapat, geraknya dapat, ada waterfallnya juga. Pokoknya seru banget.”  Para guru pendamping juga sangat bangga karena semua murid dapat mengikuti kegiatan dengan baik, tertib, dan yang paling terpenting mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Bapak Ibu guru berharap kegiatan ini dapat menjadi bekal yang bermanfaat untuk masa depan anak-anak, menjadi anak-anak yang sholeh/sholehah, dan menjadi kebanggaan orang tua, agama, dan bangsa.

× Hubungi Kami