Contributor: Nur Rohmawati Hasanah, S.Si Kegiatan SALAM atau Pesantren Akhlak…

Kontributor : M. Arif, M.Pd

Di SD Islam Al Azhar 11, Surabaya, sebuah prinsip penting dalam pendidikan menjadi nyata: pendidikan adalah sebuah perjalanan yang memerlukan keterlibatan aktif dari rumah dan sekolah. Setelah satu semester penuh pembelajaran, tibalah waktu untuk agenda penting: mengomunikasikan hasil belajar murid kepada orang tua. Ini bukan hanya rutinitas administratif, tetapi langkah strategis dalam membentuk sinergi pendidikan yang kuat antara keluarga dan sekolah.
Pendidikan, seperti yang dipahami oleh SD Islam Al Azhar 11, bukan hanya terjadi di dalam kelas. Ia meluas ke setiap aspek kehidupan murid, dan orang tua memegang peran krusial dalam proses ini. Dengan membagikan hasil belajar murid, sekolah membuka jalan untuk dialog yang konstruktif dengan orang tua, mengajak mereka menjadi bagian aktif dari proses pendidikan anak-anak mereka.
Sinergi ini didasarkan pada visi bersama: pengembangan holistik siswa yang mencakup aspek akademik, spiritual, emosional, dan sosial. Sekolah menyediakan fondasi akademik dan nilai-nilai spiritual, sementara orang tua menambahkan dukungan, bimbingan, dan pembinaan karakter di rumah. Dengan bekerja bersama, kedua pihak memperkuat pembelajaran dan memperkaya pengalaman pendidikan siswa.

Selama pertemuan komunikasi hasil belajar, SD Islam Al Azhar 11 tidak hanya menyampaikan nilai dan perkembangan akademik, tetapi juga membahas tentang kebutuhan emosional, sosial, dan spiritual murid. Pembahasan ini memungkinkan orang tua untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang kekuatan dan area yang perlu ditingkatkan pada anak-anak mereka, sekaligus mengakui usaha dan kemajuan yang telah dicapai.
Lebih jauh, pertemuan ini menjadi forum untuk menyesuaikan visi dan misi pendidikan antara rumah dan sekolah. Setiap keluarga memiliki nilai dan tujuan pendidikan yang unik, dan SD Islam Al Azhar 11 berupaya menyinkronkan hal tersebut dengan pendekatan pendidikannya. Ini menciptakan lingkungan yang konsisten untuk murid, di mana pesan dan nilai yang mereka terima di sekolah mendapatkan penguatan di rumah.

Pendidikan adalah proses yang berkesinambungan, dan SD Islam Al Azhar 11 mengakui pentingnya menggabungkan sumber daya dan keahlian dari kedua lingkungan penting dalam kehidupan murid: rumah dan sekolah. Melalui upaya ini, sekolah tidak hanya mencapai tujuan akademiknya, tetapi juga membantu dalam pembentukan karakter dan kesejahteraan emosional siswa.
Sinergi pendidikan antara rumah dan sekolah adalah fondasi bagi pengembangan generasi penerus yang seimbang, tangguh, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Di SD Islam Al Azhar 11, perjalanan ini bukan hanya tanggung jawab guru dan staf, tetapi juga menjadi bagian integral dari setiap keluarga. Bersama, mereka berkolaborasi untuk menciptakan generasi yang cerdas, berakhlak mulia, dan siap menjadi pemimpin masa depan.